No image available for this title

Text

Kapasitas Grup Pondasi Tiang Berdasarkan NSPT Pada Abutment Jembatan



Kegagalan bangunan jembatan, mulai dari penurunan & kerusakan oprit, pergeseran & keruntuhan abutmen, pilar, retak dan runtuhnya lantai jembatan dll. Daya dukung ijin abutment memenuhi kapasitas yang diijinkan terhadap beban luar serta settlement dari abutment memenuhi yang disyaratkan.
Kajian ini antara lain: daya dukung pondasi, spasi antar pondasi, hubungan kapasitas ijin pondasi tunggal terhadap kapasitas ijin group pondasi, effisiensi group dengan faktor keamanan yang disyaratkan serta settlement yang diijinkan terhadap beban rencana.
Data berdasarkan proyek ruas jalan Hantar Jatigede Sumedang yang merupakan pekerjaan PLTA Jawa Barat Tahun 2013. Pengambilan tanah asli (undistrubed) dengan cara melakukan pemboran di titik lokasi rencana pondasi akan ditempatkan, kedalaman pengambilan tanah (sampling) disesuaikan terhadap daya dukung tanah yang didapat dari standard penetration test (SPT). Pengambilan contoh tanah tidak terganggu (Undisturbed Sample) serta pengambilan contoh tanah terganggu (Disturb Sample) sesuai tujuan dan kegunaannya. Data – data tersebut antara lain ; Sifat fisis dan mekanis tanah undisturbed serta NSPT dari Lokasi BW 01 under bridge abutment Jl. Hantar PLTA Jatigede.
Analisa daya dukung pondasi berdasarkan SPT metode Meyerhof, 1976. Hasil analisa bahwa pondasi tiang pancang maupun bor pile memberikan daya dukung yang lebih besar dibandingkan dengan beban rencana. Settlement akibat beban luar lebih kecil dari settlement yang diijinkan.
Mengingat begitu pentingnya data parameter tanah yang menjadi dasar perhitungan tentunya data tersebut harus dihasilkan dengan kondisi actual serta metode yang benar.


Ketersediaan

JTS.TIARSIE.2017.001My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit TIARSIE : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this